Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Membeli Mobil Listrik

Beli mobil listrik bisa menjadi salah satu solusi untuk mengurangi polusi udara. Kendaraan jenis ini menggunakan sumber energi yang berasal dari listrik sehingga tidak menyebabkan emisi. Hal inilah yang membuat mobil listrik diklaim lebih ramah lingkungan dan cocok untuk digunakan di lingkungan perkotaan.

Tidak bisa dipungkiri jika kebutuhan akan kendaraan semakin meningkat setiap waktu. Akan tetapi dibalik itu semua, tingkat polusi udara juga semakin meningkat akibat dari emisi sisa pembakaran mesin kendaraan. Untuk mengurangi efek buruk tersebut, saat ini telah banyak produsen mobil yang menciptakan kendaraan listrik yang lebih ramah lingkungan.

Seperti namanya, mobil listrik menggunakan energi listrik yang berasal dari baterai pack untuk menghidupkan kendaraan. Mobil listrik beberapa waktu belakangan ini semakin populer di masyarakat. Salah satu mobil listrik terbaik di Indonesia adalah mobil listrik Wuling EV yang menawarkan teknologi canggih namun tetap memiliki harga yang terjangkau.

Pertimbangkan dan Perhatikan Sebelum Beli Mobil Listrik

Seperti yang telah diketahui banyak orang tentang mobil listrik, kendaraan jenis ini tidak hanya lebih ramah lingkungan akan tetapi juga menawarkan banyak keunggulan lainnya. Meskipun begitu sebelum memutuskan untuk membelinya, ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan agar siap merawatnya dengan baik.

Nah, berikut ini beberapa hal yang menjadi pertimbangan dan patut Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli mobil listrik.

Jarak Tempuh Mobil Listrik

Mobil listrik memanfaatkan daya dari baterai pack sebagai sumber energi untuk menggerakan mesin kendaraan. Perlu Anda ketahui, bahwa baterai pack pada mobil listrik memiliki batas maksimal jarak tempuh sesuai dengan kapasitas baterai yang digunakan. Jika baterai habis, maka Anda perlu melakukan pengisian daya terlebih dahulu sebelum digunakan.

Setiap jenis mobil listrik biasanya memiliki kapasitas daya dan jarak tempuh yang berbeda. Sebelum membeli mobil listrik, ada baiknya perhatikan dulu berapa jarak tempuh maksimal yang bisa dijangkau kendaraan tersebut dalam satu kali pengisian. Pasalnya jika ingin digunakan untuk perjalanan jauh, akan sangat merepotkan jika Anda harus mengisi baterai di tengah perjalanan.

Ketersediaan Stasiun Pengisian Daya

Pengisian ulang daya baterai mobil listrik tidak bisa dilakukan di sembarang tempat. Beberapa jenis mobil listrik mengharuskan pengisian ulang daya dilakukan di tempat khusus yang telah disiapkan oleh produsen mobil agar tegangan listrik yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan sehingga mesin mobil tidak mudah rusak.

Sebelum beli mobil listrik, jangan lupa untuk mempertimbangkan ketersediaan stasiun pengisian dayanya. Pilih jenis mobil listrik yang memiliki stasiun pengisian daya di lokasi-lokasi yang mudah diakses. Hal ini demi mendukung kelancaran aktivitas Anda saat menggunakan mobil listrik tersebut.

Perhatikan Daya Listrik di Rumah

Beberapa jenis mobil listrik bisa melakukan pengisian daya baterai di rumah asalkan memiliki voltase yang cukup. Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk membeli mobil listrik perhatikan dulu daya listrik yang ada di rumah. Jika memungkinkan Anda bisa memasang alat pengisian sendiri di rumah.

Perhatikan Masa Garansi Baterai Mobil

Setiap mobil listrik memiliki jenis baterai dan usia pakai yang berbeda-beda. Sebelum membeli mobil listrik, perhatikan juga masa garansi serta lama pemakaian baterai yang ditawarkan.

Hal ini penting diperhatikan jika sewaktu-waktu baterai mobil listrik bermasalah dan masih dalam masa garansi, Anda bisa mengajukan klaim. Dengan cara seperti ini, pastinya akan sangat menguntungkan khususnya untuk biaya perawatan mobil listrik.

Pertimbangkan Asuransi Mobil Listrik

Sebelum membeli mobil listrik, Anda juga perlu memperhatikan dan mempertimbangkan asuransi untuk kendaraan tersebut. Pasalnya asuransi untuk mobil listrik biasanya lebih besar jika dibandingkan dengan mobil konvensional. Padahal jika kita melihat fakta di jalanan, risiko kecelakaannya sama saja.

Namun perlu diperhatikan bahwa biaya kerusakan untuk mobil listrik biasanya memang lebih mahal jika dibandingkan dengan mobil konvensional. Maka dari itu, sangat penting untuk melindungi kendaraan listrik Anda dengan asuransi untuk meminimalisir risiko kerugian finansial di masa mendatang.

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Satu lagi hal yang perlu Anda perhatikan sebelum beli mobil listrik di Indonesia adalah menyesuaikannya dengan kebutuhan. Saat ini ada banyak jenis mobil listrik yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan, salah satunya seperti Wuling EV.

Tidak hanya itu Wuling EV juga dibanderol dengan harga cukup terjangkau sehingga cocok untuk Anda yang ingin beralih menggunakan mobil ramah ini dilengkapi dengan fitur canggih yang pastinya sangat cocok untuk generasi ramah lingkungan.

Fakta Mobil Listrik Sebelum Anda Membeli

Tidak bisa dipungkiri jika mobil listrik saat ini semakin diminati masyarakat. Hal ini bisa dilihat dari jumlah penjualan unit mobil listrik di pasaran yang semakin meningkat. Akan tetapi sebelum tertarik untuk membelinya, ketahui dulu fakta menarik tentang mobil listrik sebagai berikut:

Mobil Listrik Membutuhkan Waktu Mengisi Ulang Daya

Sebelum beli mobil listrik, Anda juga perlu tahu bahwa pengisian ulang daya untuk baterai mobil listrik membutuhkan waktu yang cukup lama. Untuk mobil EV rata-rata membutuhkan waktu 8 jam sampai baterai pack penuh sepenuhnya. Hal ini perlu Anda pertimbangkan khususnya jika memiliki mobilitas tinggi karena bisa mengganggu aktivitas Anda.

Mobil Listrik Dapat Menghemat Pengeluaran Jangka Panjang

Harga bahan bakar saat ini semakin mahal bukan? Nah, penggunaan mobil listrik bisa menjadi salah satu cara untuk menghemat pengeluaran bahan bakar minyak. Anda tidak perlu membeli bahan bakar karena pengisian energi mobil listrik menggunakan sistem charging. Soal perawatan mobil listrik pun tidak sebesar mobil konvensional yang harus melakukan pengecekan berkala.

Mobil Listrik Tidak Akan Konslet Saat Hujan

Jika Anda khawatir terjadi konslet ketika mengendarai mobil listrik saat hujan, sebenarnya itu tidak akan terjadi. Meski memang air menjadi media penghantar arus listrik, namun mobil listrik yang diluncurkan di pasaran telah lolos berbagai tahap pengujian ekstrem yang berkaitan dengan keamanan penumpang. Jadi Anda tidak perlu khawatir, ya.

Saat ini ada banyak pilihan mobil listrik terbaik yang ditawarkan dengan berbagai fitur canggih, seperti juga pada mobil Wuling EV. Mobil listrik bisa menjadi alternatif untuk mengurangi efek polusi kendaraan bermotor. Dengan tenaga listrik yang digunakan, mobil ini tidak menghasilkan emisi sehingga lebih ramah lingkungan. Meskipun begitu, sebelum Anda memutuskan beli mobil listrik, sepatutnya ketahui dulu kelebihan dan kekurangannya agar bisa memilih jenis mobil yang memang sesuai kebutuhan.

Sumber: wuling.id

Write a comment